Rabu, 13 Oktober 2010

kronolog pagi -dari kos biadab sampe kampus-

tik..tik..tik..
jam dinding menunjukkan pukul 06.00
aku kuliah jam delapan hari ini.
tak sempat subuh, beranjak ke kamar mandi.
mata sayu ditambah dingin pagi dan air untuk mandi
langsung ku pakai celana panjangku dan kaos dalamnya
ku seduh teh dan ku ambil rokok yang aku taruh di sebelah tas ku.
menunggu teh ku agak hangat, ku bakar saja dulu sebatang..
tarik sebentar dan hembuskan..
kepulan asap beterbangan..itulah asap masalah.
berusaha lenyapkan masalah yang sumpek di dada dengan ku hembuskan bersama asap rokok ku

teh mulai dingin.
aku seruput perlahan. dan sebatang rokok pun habis.
jam sudah bergaya pukul 07.00
masih ada sejam lagi. kupikir lebih baik aku berangkat kampus sekarang.
berjalan kaki melihat bagaimana kota ini menyambut pagi.

ku tarik dari gantungan kemejaku yang agak kusut namun tak kumal itu.
ku pasang kancingnya satu per satu
semprotkan sedikit pewangi
dan ku pakai sepatu butut ku

setelah ku lihat agak rapi. bergegas lah aku turun dari lantai 3 kos ku yang biadab ini
di tengah jalan aku pasang lagi satu batang.
untuk menemani perjalanan ku kali ini
kota ini membosankan....
selalu menyambut pagi dengan kerasnya suara klakson
atau cacian para supir angkot yang ingin cepat jalan...
"kalu mau lancar terbang aja bos..."
berkata aku dalam hati.

sampai di kampus.
sampai lah di kelas.
di kelas ku jumpa orang2 yang ku kenal namun tak akrab
sekedar menyapa dan ucapkan selamat pagi.
walau cuma basa-basi.

teman2 ku belum datang.
aku kepagian. tak apalah..
ku buka kotaknya.. masih cukup untuk makan siang nanti.
memang cuman yang ada di kantong kiri ku ini yang setia menemani.

pukul 08
semua udah datang. termasuk teman2 akrab ku.
ngobrol, cengkrama, tertawa...
habiskan waktu untuk menunggu dosen yang "paling on time itu "

pukul 8.30
akhirnya sang raja datang..
ucapkan salam sembari kami buka diktat tebal yang menurutku sia-sia ini.
tak ada lagi obrolan, tak ada lagi basa-basi
ini saatnya aku belajar
aku bukan anak sekolah lagi..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar